Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Menghemat Baterai HP Android

Cara menghemat baterai hp yang perlu kamu ketahui agar smartphone kamu tetap bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama dari biasanya.

Cara menghemat baterai hp yang perlu kamu ketahui agar smartphone kamu tetap bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama dari biasanya. Ada beberapa cara yang sudah terbukti dapat membantu kamu menghemat penggunaan baterai smartphone kamu.

Cara Menghemat Baterai HP Android

Kamu pasti pernah merasakan HP yang kamu gunakan menjadi lebih boros dan cepat habis kan? Biasanya rasa ini muncul saat kamu sedang berpergian keluar rumah, entah itu liburan atau hanya sekedar keluar rumah.

Kapasitas Baterai Android sendiri juga berpengaruh besar terhadap daya yang disimpan. Semakin besar daya yang dapat disimpan, semakin lama hp kamu bisa bertahan. Walaupun tetap ada faktor lain yang juga dapat memepengaruhi baterai hp kamu.

Kecanggihan dan keberagaman fungsi dari gadget kita saat ini akan sejalan dengan konsumsi daya baterai kita. Semakin banyak fitur cerdas yang digunakan juga akan cepat menghabiskan baterai hp kita.Walaupun sudah ada fungsi dari fast charging, tetapi itu hanya dapat mempercepat proses pengisisan daya hp kamu saja.

Nah, setelah sebelumnya admin bahas tentang Tips Merawat Gadget Supaya Lebih Awet, bagi kalian yang merasa hp kalian boros baterai. Berikut adalah Cara Menghemat Baterai HP agar dapat bertahan lama versi temantumbuh.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Sebelum kita masuk ke Cara Menghemat baterai HP, kamu harus mengetahui penyebab dari baterai kamu boros. Kalau habis karena kamu sering menggunakannya, ya beda lagi ceritanya.

Sinyal Buruk

Sinyal yang buruk dapat membuat handphone kamu bekerja lebih keras dari biasanya. Hp akan terus menerus mencari sinyal terdekat. Kalau kamu ada di daerah dengan sinyal yang buruk lebih baik kamu matikan saja Mobile Datanya.

Baterai Rusak Atau Kesehatan Baterai Menurun

Mungkin saja baterai kamu boros karena baterai kamu rusak atau kesehatan baterai kamu menurun. Baterai rusak memang merepotkan apalagi di zaman sekarang yang kebanyakan hp sudah menggunakan baterai tanam. Walaupun kasus baterai rusak sedikit, tetapi mungkin saja ini jadi salah satu penyebabnya.

Cara Menghemat Baterai HP

Perhatikan Aplikasi Yang Berjalan

Banyak aplikasi yang berjalan di backgrund smartphone kamu akan membuat baterai hp kamu lebih boros. Kenapa hal ini bisa terjadi? Walaupun kelihatannya aplikasi tersebut tidak berjalan, tetapi aplikasi tersebut sebenarnya tetap berjalan, mengirim notifikasi contohnya. Aplikasi yang sudah tidak terpakai lebih baik dihapus dari backgound agar tidak berjalan atau berhenti secara total.

Matikan Sinyal Radio Yang Tidak Dipakai (GPS, Radio)

Terkadang setelah kita menggunakan GPS atau radio kita lupa untuk mematikannya. Padahal GPS juga mengonsumsi daya baterai kita loh. Saran admin mematikan GPS adalah hal yang baik jika tidak digunakan dalam waktu yang lama. Untuk aplikasi seperti Google Maps kamu bisa pilih Always untuk bisa menggunakan GPS kamu.

Matikan Notifikasi Yang Tidak Penting

Memantikan notifikasi adalah hal yang wajib kamu lakukan, jangan sampai notifikasimu sampai ratusan. Sering-seringlah menghapus notifikasi kamu. Matikan aplikasi yang tidak kamu gunakan agar notifikasi tidak masuk ke smartphone kamu.

Gunakan Fitur Power Saving Bawaan Handphone

Jika handphone kamu sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop atau handphone kamu sudah mendukung fitur power saving mode sebaiknya gunakan fitur ini disaat smartphone kamu sedang tidak digunakan. Pada mode ini semua fungsi smartphone kamu akan dibatasi. Dari mulai kecerahan, Sistem handphone, hingga wifi dan lokasi. Lebih baik gunakan fitur ini saat kamu tidak menggunakan smartphone kamu dalam waktu yang lama.

Lebih Baik Jangan Gunakan Live Wallpaper

Meski memang akan membuat tampilan smartphone kamu menjadi lebih keren pastinya akan tetapi live wallpaper dapat mengonsumsi daya yang lebih banyak dari baterai kamu. Saat sedang dirumah mungkin kamu bisa menggunakannya. Tetapi saat sedang pergi keluar yang sulit menemukan tempat mengisi daya smartphone kamu lebih baik kamu mengganti dengan wallpaper biasa.

Kurangi Penggunaan HP Pada Posisi Standby

Fitur Standby adalah fitur yang disediakan oleh smartphone kamu. Fitur ini membuat smartphone kamu tetap menyala meskipun layar kamu dalam keadaan tidak dipakai atau mati. Fitur ini juga termasuk dapat menghabiskan baterai kamu. Walaupun tidak banyak yang dikuras tetapi layar ini tetap menyala loh. Kamu harus mempertimbangkan kapan kamu menggunakan fitur ini dan kapan kamu tidak menggunakan fitur ini.

Tips Menghemat Baterai HP

Rutin Cek Aplikasi Yang Boros Baterai

Rutinkan setiap bulan untuk melihat-lihat aplikasi kamu. Kamu bisa uninstall aplikasi yang memang tidak kamu gunakan lagi. Selain mengosongkan ruang untuk bisa di isi oleh hal yang lain, ini juga dapat menguntungkan baterai kamu.

Charge Setiap Ada Kesempatan

Walaupun kamu sedang ada diluar, sempatkan untuk mengisi ulang daya hp kamu jika kamu memiliki waktu luang. Ini akan membantu kamu agar mempertahankan kesehatan baterai kamu loh dan juga kamu nanti tidak akan kehabisan baterai tentunya. Saran admin saat sudah 20 persen lebih baik kamu isi ulang daya baterai kamu.

Gunakan Charger Original

Dengan menggunakan charger original akan dapat mempengaruhi umur baterai kamu. Kamu juga bisa mengupgrade charger kamu sesuai dengan kapasitas yang bisa batrai kamu terima. Kebanyakan charger sekarang sudah dilengkapi semacam fitur pembatasan daya. Ini memungkinkan pemutusan arus saat daya sudah penuh.

Hati-Hati Dalam Menginstall Aplikasi

Kamu harus berhati hati dalam menginstall aplikasi, apalagi aplikasi yang kamu install diluar play store, app store atau tempat install yang resmi. Bisa saja aplikasi tersebut memakan konsumsi daya baterai  yang besar loh, karena tidak di bangun dengan kerangka yang benar.

Membiarkan Layar Mati Lebih Cepat.

Dengan membiarkan layar mati lebih cepat maka akan dapat menghemat baterai hp kamu. Ini dikarenakan smartphone kamu dapat berisitrahat lebih cepat saat smartphone kamu sedang tidak kamu gunakan.

Perbarui Sistem Ponsel/OS Dan Aplikasi

Biasanya developer smartphone dan aplikasi selalu memberikan update pada perangkat dan aplikasinya untuk memberikan penggunanya kenyamanan lebih, Dengan memperbarui sistem ponsel dan aplikasi kamu, ini dapat membantu untuk kesehatan smartphone kamu juga.

Gunakan Aplikasi Bebas Iklan

Sebenernya menggunakan aplikasi yang ada iklannya itu tidak buruk, tetapi jika kamu ingin menghemat baterai hp kamu lebih baik kamu tidak menggunakannya saat sedang menghemat baterai kamu, karena konsumsi daya Iklan video juga termasuk besar.

Hindari Mengisi Daya Baterai Semalaman Atau Terlalu Lama

Mengisi daya semalaman memang sudah jadi kebiasaan kita dari dahulu. Hal ini yang harus kita hindari. Dengan kecanggihan smartphone sekarang kamu bahkan tidak perlu mengunggu mengisi daya semalaman. Dengan fitur yang sudah disediakan bahkan kamu bisa mengisi daya hanya dalam waktu 30 menit. Hal ini berlaku untuk smartphone yang sudah mendukung sistem fast charging atua pengisian daya cepat.

Hindari Bermain Game Atau Menonton Dengan Mengisi Daya Baterai Ponsel

Dengan menggunakan smartphone kamu saat mengisi daya, maka dapat menghambat proses pengisian daya loh. Kok bisa? Karena daya yang masuk akan langsung terpotong dari aktifitas yang sedang kamu lakukan, apalagi bermain game dan menonton. Hindari hal hal yang dapat mengonsumis banyak daya smartphone kamu seperti bermain game ataupun streaming film karena efek jangka panjangnya akan dapat merusak kesehatan baterai smartphone kamu.

Gunakan Mode Gelap (Dark Theme)

Tema mode gelap teryata ada fungsinya loh, Bukan hanya untuk kesehatan mata, tetapi juga kesehatan baterai kamu. Apalagi layar dengan panel AMOLED. Panel ini sangat lemah terhadap warna cerah. Karena hal ini, maka konsumsi baterai kamu akan semakin banyak. Disarankan gunakan fitur ini untuk menjaga mata kamu dan menjaga kesehatan baterai kamu.

Akhir Kata

Pastikan kamu sudah mengetahui apa yang membuat baterai kamu menjadi lebih boros, lalu lakukan Perbaikan atas masalah yang sudah kamu temukan. Dengan Tips dan cara menghemat baterai hp yang sudah kami paparkan diatas, semoga dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah yang kamu hadapi, Semoga bermafaat.

Hallo saya adalah seorang manusia biasa.

Posting Komentar

© TemanTumbuh. All rights reserved. Developed by Jago Desain