Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Terbaru [AMPUH BANGET!]

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Terbaru [AMPUH BANGET!] - Memori Internal Penuh Ini Cara Mengatasinya - Tentunya Anda memiliki ponsel
Memori Internal Penuh Ini Cara Mengatasinya
Sumber : Envato Elements

Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Terbaru [AMPUH BANGET!] - Memori Internal Penuh Ini Cara Mengatasinya - Tentunya Anda memiliki ponsel dan membutuhkan kapasitas memori yang cukup besar. Dan juga ada yang hanya membutuhkan sedikit, dan ada juga yang membutuhkan kapasitas besar. Jadi, disarankan untuk memilih ponsel yang memiliki kapasitas memori internal sesuai dengan kebutuhan kita, ketika akan membelinya.

Selain itu ternyata juga ada masalah dengan memori internal yang penuh, tapi ternyata filenya tidak ada. Jadi, saat kita cek Memori Internal HP, kapasitasnya sudah banyak yang terpakai, tapi data di dalamnya masih terlihat kosong.

Berikut Penyebab Memori Internal Penuh

Tidak tepat jika dikatakan masih kosong. Jika memori internal digunakan, maka 100% di dalamnya pasti ada data yang tersimpan.

Lalu kenapa bisa penuh, padahal tidak ada file yang terlihat di dalamnya?

Jawabannya ada pada jenis file. Ada beberapa file yang memiliki kapasitas besar, namun tersembunyi alias di luar folder yang biasanya kita cari. Dua dari mereka.

  • file cache.
  • File kamera.

Kedua file tersebut memiliki kapasitas penggunaan memori yang sangat besar. Ukurannya memang bervariasi, namun bisa mencapai ratusan MB, bahkan beberapa GB.

Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa File

Jadi untuk masalah ini cukup mudah untuk mengatasinya. Karena Anda hanya perlu melakukan optimasi, yaitu dengan menghapus file-file yang disebutkan tadi. Jadi kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang caranya. Namun, akan lebih baik jika Anda terlebih dahulu melakukan backup data penting di ponsel Anda, karena beberapa cara akan berisiko kehilangan data. Nah, silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Pertama Hapus Data Kamera Tersimpan

File kamera, apalagi buat kamu yang sangat suka selfie atau merekam video, ini perlu sesekali dicek. Rata-rata kamera Android kini mendukung resolusi HD (720P), Full HD (1080P), dan bahkan 4K. Jadi ketiganya memiliki ukuran yang besar untuk satu video, padahal durasinya hanya sekitar beberapa menit. Berikut Cara Memeriksanya:

Langkah 1: Instal aplikasi pengelola file. Atau Anda dapat menggunakan default juga. Jika sudah ada silahkan dibuka. Hapus hanya yang tidak perlu. Anda tidak perlu menghapus semua video. Jika demikian, maka coba periksa kembali kapasitas internal. Dijamin berkurang banyak.

  1. Hapus Cache Aplikasi

Cache adalah tempat penyimpanan data sementara yang berfungsi untuk mempercepat kinerja sistem Android. Asal file cache ini dari penggunaan aplikasi. Jadi ketika sebuah aplikasi dibuka, nantinya aplikasi tersebut akan menyimpan data tertentu. Jadi ini disebut cache.

Masalahnya, sebagian besar file cache berukuran cukup besar. Bisa mencapai ratusan MB untuk satu aplikasi. Selain itu, file cache ini juga tidak muncul di memori internal, sehingga seolah-olah tidak ada file di dalamnya kosong. Jadi, ikuti langkah-langkah ini untuk menyelesaikannya:

  • Pertama, pertama buka Pengaturan HP Android Anda.
  • Setelah itu, masuk ke menu Aplikasi.
  • Kemudian, lanjutkan mencari aplikasi apa saja yang kira-kira berukuran paling besar.
  • Jika sudah ketemu, buka aplikasinya.
  • Ketuk menu Penyimpanan, lalu ketuk Hapus Cache.
  • Jadi, cache akan dihapus.
  1. Gunakan Aplikasi Aplikasi Pembersih

Aplikasi cleaner berguna untuk mengoptimalkan smartphone, baik itu dari segi performa maupun penggunaan data. Jadi, Contohnya seperti membersihkan cache. Yah, kami telah melakukannya secara manual sebelumnya. Namun dengan aplikasi cleaner ini, penghapusan cache dapat dilakukan secara otomatis. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Instal aplikasi pembersih dari Playstore. Cukup ketik cleaner di pencarian, maka akan ada banyak pilihan.
  • Kemudian, buka aplikasi.
  • Setelah itu, di menu utama cukup ketuk tombol Bersihkan,
  • Tunggu hingga proses selesai.
  • Jika sudah, silahkan cek kembali memori internalnya. Biasanya akan ada perubahan yang relatif signifikan, tak jarang bahkan ratusan MB.
  • Bisa dikatakan menggunakan aplikasi cleaner lebih praktis dan menghemat waktu.

Demikianlah informasi tentang memori internal penuh ini cara mengatasinya semoga bermanfaat.

Hallo saya adalah seorang manusia biasa.

Posting Komentar

© TemanTumbuh. All rights reserved. Developed by Jago Desain