Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

 

Cara Mengatasi HP Cepat Panas
Sumber : Envato Elements

Cara Mengatasi HP Cepat Panas - Pengguna smartphone tentu merasa terganggu ketika gadget tiba-tiba menjadi panas. Hal ini mengganggu kenyamanan saat bermain di smartphone, jadi ada baiknya mengetahui cara mengatasi hp panas dengan mudah. Namun sebelum membahas cara mengatasinya, sebaiknya pahami dulu apa penyebab kondisi tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa menemukan solusi yang tepat untuk Mengatasi Hp cepat Panas.

Penyebab HP Cepat Panas

  1. Lama Bermain Game

Bermain game baik online maupun offline membutuhkan performa maksimal dari sebuah smartphone. Apalagi untuk game yang memiliki banyak efek grafis. Ketika telepon bekerja keras, suhu akan meningkat secara otomatis.

Semakin lama game dimainkan, ponsel akan semakin panas. Namun, setiap smartphone memiliki tingkat panas yang berbeda tergantung dari jenis chipset, teknologi pendinginan, dan bahan yang digunakan untuk membuat smartphone tersebut. Cara mengatasi HP panas saat bermain game sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu berhenti sejenak hingga suhu HP kembali normal. Atau bisa juga menggunakan pendingin atau kipas khusus untuk smartphone.

  1. Streaming

Tidak hanya game, saat Anda melakukan streaming video, ponsel Anda juga akan bekerja lebih keras dari biasanya. Saat streaming, Anda memaksa ponsel untuk tetap siaga memuat data video. Layar yang terus menyala juga menjadi faktor selanjutnya mengapa video streaming menyebabkan ponsel cepat panas.

  1. Pengaturan Kurang Optimal

Tidak bermain game atau menonton video tetapi merasa ponsel Anda cepat panas? Coba cek pengaturan kecerahan layar pada gadget. Semakin tinggi tingkat kecerahan, semakin cepat ponsel akan memanas.

  1. Faktor Lingkungan

HP panas tidak hanya disebabkan oleh faktor internal. Beberapa hal di luar sistem juga dapat membuat suhu ponsel menjadi lebih tinggi. Salah satunya adalah faktor lingkungan. Saat berada di bawah terik matahari atau di ruangan yang panas, ponsel cenderung lebih panas dari biasanya.

  1. Aplikasi Kedaluwarsa

HP yang cepat panas bisa disebabkan oleh aplikasi yang sudah kadaluarsa atau out of date. Ketika tidak diperbarui untuk waktu yang lama, aplikasi mungkin mengalami bug atau kesalahan. Saat terjadi bug, smartphone mencoba memperbaikinya dengan memanfaatkan kinerja prosesor. Semakin dipaksa bekerja lebih keras, prosesor akan semakin cepat panas dan juga menyebar ke seluruh tubuh HP.

Bagaimana Cara Mengatasi HP agar tidak Cepat Panas?

Cara mengatasi agar hp tidak panas

  1. Hindari Sinar Matahari Langsung

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah menghindari penggunaan ponsel di bawah sinar matahari langsung. Seperti diketahui, HP panas bisa disebabkan oleh lingkungan yang panas. Selain itu, jangan hanya menjemur ponsel di bawah sinar matahari karena akan mempengaruhi suhu ponsel. Jadi, pastikan untuk mengambil tindakan pencegahan.

  1. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Aplikasi yang tidak digunakan tetapi masih berjalan di latar belakang dapat membuat ponsel bekerja lebih keras. Akhirnya HP jadi panas. Matikan aplikasi yang tidak digunakan di background agar hp berfungsi normal dan tidak cepat panas. Selain mencegah suhu HP panas, kinerja HP akan lebih efektif sehingga tidak melambat.

  1. Kurangi Kecerahan Layar

Mengurangi kecerahan tidak hanya mampu menurunkan suhu HP. Cara mengatasi hal tersebut agar hp tidak cepat panas juga sering dipraktekkan untuk menghemat baterai smartphone. Untuk menurunkan kecerahan layar juga mudah, cukup buka pusat kendali. Biasanya satu dengan pusat notifikasi. Geser indikator ke kiri untuk menurunkan kecerahan layar. Demikian ulasan tentang Cara Mengatasi HP Cepat Panas semoga bermanfaat.