Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Beginilah Tips Cara Mengatasi HDD Eksternal Tidak Terbaca

cara mengatasi HDD Eksternal tidak terbaca

HDD Eksternal atau harddisk eksternal merupakan media penyimpanan tambahan yang bisa kita gunakan untuk menyimpan berbagai macam data. Namun terkadang baik usia maupun cara penggunaan yang kurang tepat mengakibatkan HDD tersebut akan mengalami beberapa masalah. Berikut ini kami akan memberikan cara mengatasi HDD Eksternal tidak terbaca yang mudah dan tepat.

Terkadang penyimpanan sebuah komputer terbatas, terlebih lagi pada laptop. Flashdisk sendiri mungkin sangat berguna, karena kapasitas yang cukup besar untuk menyimpan berbagai macam data dan juga bentuknya yang ringkas sehingga mudah untuk dibawa kemanapun.

harddisk eksternal tidak terbaca sama sekali

Meskipun begitu tidak sedikit orang yang lebih memilih media penyimpanan tambahan berupa HDD Eksternal atau harddisk, karena kapasitas penyimpanan yang besar. Semakin berkembannya tekhnologi, dari segi ukuran sebuah hardisk eksternal juga semakin mengecil namun kapasitas yang dimiliki malah semakin besar.

Tentunya setiap barang elektronik memiliki masa atau umurnya sendiri, dan yang paling mempengaruhinya adalah bagai mana dari cara pakai si pemilik. HDD Eksternalpun demikian, terkadang beberapa permasalahan akan muncul seiring berjalannya waktu, mulai dari data yang corupt hingga tidak mau terbaca.

Cara Mengatasi HDD Eksternal Tidak Terbaca

Beberapa hal mungkin perlu dilakukan guna mengatasi permasalahan harddisk eksternal tidak terbaca sama sekali. Berikut ini beberapa tips maupun trik yang mungkin bisa Anda coba guna mengatasi permasalahan tersebut.

  • Instal Ulang Driver

Cara mengatasi HDD Eksternal tidak terbaca yang pertama adalah dengan coba instal ulang driver pada komputer Anda. Terkadang driver yang sudah usang ini akan menyebabkan harddisk yang tidak mau terbaca, sehingga tentunya akan sangat merepotkan.

Untuk mengatasinya pertama Anda buka menu Start dan kik kanan pada opsi Computer. Pilih menu Properties dan lanjutkan dengan klik pada Device Manager. Cari USB Attached SCSI ( UAS ) Mass Storage Device, kemudian pilih menu Update Driver Software. Klik browse apabila Anda sudah memiliki driver terbarunya dan klik next, tunggu hingga proses selesai.

  • Manfaatkan Fitur Disk Management

Fitur yang ada pada komputer ini memungkinkan Anda untuk mengatasi permasalan pada media penyimpanan, harddisk eksternal tidak terbaca di Windows 10. Cara menggunakannya juga cukup mudah, pertama Anda klik Start dan kemidan ketik Disk pada menu pencarian.

Lanjut dengan memilih Create and Format Harddisk Partition, kemudian akan terbuka menu Computer Management. Pada menu tersebut banyak fitur yang bisa Anda gunakan, salah satunya yakni untuk melakukan fotmat pada HDD Eksternal.

Lakukan format jika memang diperlukan dan memungkinkan, namun tentunya dengan menggunakan fitur ini semua data yang ada pada harddisk Anda akan hilang. Apabila memang tidak masalah atau bahkan Anda sudah punya backup datanya maka lakukan format.

  • Gunakan Port USB yang Berbeda

Biasanya permasalahan juga muncul pada port USB yang ada, baik itu pada harddisknya ataupun komputer yang Anda miliki. Port USB yang tersedia pada komputer tentunya tidak hanya satu saja, cobalah beberapa port yang berbeda, mungkin memang permasalahn harddisk yang tidak terbaca karena kerusakan prot USB yang Anda miliki.

Jika Anda sudah mencoba semua port yang tersedia namun tak kunjung terbaca, maka kemungkinan besar harddisk Anda yang memang mengalami masalah, dan cobalah beberapa cara yang sudah kami berikan pada poin – poin diatas.

Itulah beberapa tips dan trik bagaimana cara mengatasi HDD Eksternal tidak terbaca, semoga cara yang kami berikan dapat membantu Anda.

Hallo saya adalah seorang manusia biasa.

Posting Komentar

© TemanTumbuh. All rights reserved. Developed by Jago Desain