Cara Atasi Flashdisk Terdeteksi tapi Tidak Terbaca di Komputer Paling Efektif

flashdisk terdeteksi tapi tidak terbaca di komputer, file flashdisk tidak terbaca

Tentu kita semua sepakat bahwa flashdisk merupakan salah satu perangkat penyimpanan terpenting yang harus selalu disimpan dan dirawat dengan baik. Flashdisk umumnya digunakan sebagai media penyimpanan file-file penting dan perlu dibawa kemana-mana. Masalah flashdisk terdeteksi tapi tidak terbaca di komputer akhirnya menjadi masalah besar.

Selain merawat dan memastikan flashdisk selalu disimpan dalam keadaan prima, tidak kalah penting juga untuk mengetahui solusi dari berbagai permasalahan flashdisk yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Salah satu masalah tersebut adalah flashdisk yang tidak terdeteksi oleh komputer.

flashdisk terdeteksi tapi tidak terbaca komputer

Mengenal Beberapa Penyebab  Flashdisk terdeteksi tapi tidak terbaca di komputer

Ada beberapa alasan yang menyebabkan flashdisk terdeteksi tapi tidak muncul pada komputer. Faktor ini bisa disebabkan oleh usia, kerusakan, ataupun faktor ketiga seperti virus. Berikut beberapa penyebab flashdisk terdeteksi tapi tidak terbaca komputer:

  1. Permukaan flashdisk sudah aus sehingga perangkat yang berfungsi menyalurkan flashdisk dan komputer menjadi tidak tersambungkan.
  2. Kebalikan dari poin pertama, ketidaksambungan antara komputer dengan flashdisk juga sangat mungkin dipengaruhi oleh pot komputer yang sudah rusak. Hal ini menyebabkan perangkat-perangkat halus yang terdapat didalamnya tidak dapat tersambungkan.
  3. Terjadi kerusakan pada flashdisk
  4. Flashdisk terinfeksi oleh virus yang membuat kerusakan pada data-data didalamnya.
  5. Kesalahan ketika melakukan eject
  6. Terjadi masalah pada windows di laptop
  7. Terjadi masalah pada driver USB laptop

7 kemungkinan diatas menjadi faktor yang paling dominan menimbulkan error pada flashdisk yang terpasang pada laptop. Lalu bagaimana solusi untuk mengatasinya? Trik tersebut akan dibahas dalam uraian bab di bawah ini.

Cara Mengatasi Flashdisk Terdeteksi tapi Tidak Terbaca di Komputer

Jika anda memiliki keluhan flashdisk terdeteksi tapi tidak terbaca di komputer, jangan terburu-buru membawanya kepada teknisi laptop. Sebagaimana dalam dunia kesehatan, ada baiknya anda memberikan pertolongan pertama terlebih dahulu kepada flashdisk tersebut untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya. Berikut beberapa triknya:

  1. Melakukan pengecekan ulang pada pot USB pada laptop

Jika file flashdisk tidak terbaca  dalam laptop, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah pengecekan ulang terhadap pot tempat memasangkan flashdisk tersebut pada laptop. Amati apakah terdapat kerusakan jaringan pada bagian dalamnya sehingga menyebabkan flashdisk tidak lolos.

Ataukah ada banyak debu yang menumpuk didalamnya sehingga menghambat kinerja laptop terhadap sinyal dari flashdisk. Jika ternyata terjadi kerusakan, yang perlu anda lakukan adalah menservice nya kepada teknisi yang sudah ahli dan berpengalaman, Jika ternyata penyebabnya adalah debu, maka anda perlu membersihkannya menggunakan cotton but.

  1. Cek scan dan repair drive

Secara bawaan, windows sendiri memiliki fitur scanning yang berfungsi untuk mendeteksi adanya virus yang dapat merusak dokumen-dokumen yang terdapat di dalam flashdisk. Cara melakukan flashdisk ini juga cukup mudah. Cukup manfaatkan kotak dialog yang muncul ketika anda memasukkan flashdisk. Pada respon deteksi adanya perangkat masuk pada laptop, anda bisa memilih melakukan scanning secara keseluruhan.

  1. Format ulang dengan cmd

Jika dengan kedua cara diatas tidak bisa diatasi, cara selanjutnya yang sedikit rumit untuk memperbaiki flashdisk tersebut adalah dengan cmd. Caranya:

  • Pasang terlebih dahulu flashdisk pada perangkat laptop atau komputer
  • Klik tombol R dan windows secara bersamaan
  • Setelah muncul kotak dialog, lanjutkan dengan mengetik ‘cmd’
  • Nantinya akan muncul kotak hitam dengan isi yang mungkin sulit dipahami. Abaikan dan langsung ketikkan FORMAT F: /F:FAT. Huruf F pada bagian paling depan merujuk kepada tempat dimana flashdisk berada, jika di komputer anda flashdisk terletak di local E misalnya, maka anda dapat menggantinya sendiri.
  • Jika sudah, anda tinggal menekan tombol enter. Flashdisk akan dibersihkan besar-besaran hingga file yang ada didalamnya tidak lagi tersisa, termasuk didalamnya masalah yang menyebabkan Flashdisk tidak terbaca di windows 10

Demikian uraian beberapa solusi dari permasalahan flashdisk terdeteksi tapi tidak terbaca di komputer, Semoga bermanfaat.