Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja


Ketika melamar pekerjaan di sebuah perusahan, selain CV atau riwayat hidup, surat lamaran kerja juga penting loh. Banyak dari job seeker lupa menyertakan surat lamaran kerja atau application letter ini bersama dengan CV-nya.

Selain kamu menyertakan Surat lamaran kerja dan CV, kamu harus membuatnya dengan baik agar kemungkinan kamu diterima diperusahaan yang kamu inginkan meningkat. Melamar pekerjaan diibaratkan seperti kita mempromosikan diri kita kepada perusahaan. Value lebih apa yang kita punya untuk membantu perusahaan menjadi lebih baik adalah nilai tambah kamu.

Jangan sampai karena kamu terburu-buru membuat surat lamaran kerja, kamu tidak memperhatikan penulisan dan format yang baik dan benar. Karena jika kamu membuat dengan asal-asalan kemungkinan surat kamu akan di tinggalkan begitu saja. Berikut Teman Tumbuh rangkum beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk Membuat Surat lamaran kerja.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

1. Menggunakan Tata Bahasa Yang Baik Dan Benar

Tata Bahasa adalah hal paling mendasar dalam membuat surat lamaran kerja. Pastikan kamu membuat dengan Bahasa yang baku. Hindari bahkan jangan menggunakan Bahasa sehari-hari ataupun singkatan didalam surat tersebut.

2. Periksa Dengan Teliti Persyaratan Pendaftaran

Dengan meneliti lebih detail tentang persyaratan pendaftaran kamu dapat menyusun strategi juga loh untuk mendaftar. Jangan sampai kamu tidak masuk kualifikasi perusahaan, karena itu mungkin akan menurunkan bahkan kamu tidak dilirik oleh perusahaan.

3. Hindari Terlalu Banyak Menggulang-Ulang Kata

“saya ingin dapat bekerja ..., saya ingin…,” ini nih, kelakuan banyak orang banyak inginnya. Eh maksudnya, banyak menggulang-ulang kata yang tidak seharusnya diulang. Bisa saja kamu gabungkan kalimat tersebuh dengan dan atau membuat kata yang lebih nyaman dibaca loh.

4. Memberikan Antusiasme Kedalam Surat Lamaran Kerja

Apasih arti antusiasme? Antusiasme adalah sebuah gelora semangat karena minat terhadap sesuatu. Dengan memberikan hal ini maka kemungkinan kamu dilirik perusahaan akan meningkat loh. Loh kok bisa? Secara umum perusahaan mencari calon karyawan yang loyal dan memiliki semangat kerja yang tinggi karena dapat menguntungkan juga untuk perusahaan. Mungkin hal ini bisa jadi nilai lebih kamu yaa.

“ Saya menantikan kabar baik dari anda dan berharap dapat kesempatan untuk menjelaskan tentang diri saya lebih lanjut ”. Meski hanya sekedar tulisan yang seperti ini, bacanya nyaman kan? Antusiasmenya juga dapet. Dan juga hindari kata kata seperti memohon dan berharap, karena dapat menimbulkan kesan memohon.

5. Memberikan Tujuan Yang Jelas

Dalam hal ini kejelasan tujuan juga factor yang penting. Kepada siapa surat ini ditujukan? Dan kemana surat ini akan diantar? Jangan hanya menuliskan nama perusahaannya, Sebaiknya kamu menuliskan alamat perusahaannya juga. Hal ini dilakukan agar surat tidak kesasar dalam perjalannya dan agar lebih melegakan kamu karena alamat yang kamu kirim sangatlah detail

6. Lampirkan Surat Pendukung atau Dokumen Pendukung

Surat pendukung bisa jadi meningkatkan ketertarikan perusahaan terhadap kamu loh. Kamu bisa melampirkan seperti : Sertifikat, Pengalaman Kerja.

7. Periksa Kembali Surat Lamaran Kerja Kamu

Dan yang terakhir nih, Periksa lagi deh surat kamu. Mungkin ada yang salah ketik atau emang salah nulis loh. Baca lagi suratnya, apakah nyaman untuk dibaca? Kemungkinan besar jika kamu nyaman membaca surat tersebut, orang lain juga akan nyaman membacanya. Coba minta teman kamu untuk membaca surat lamaran kerja kamu dan minta masukan. Eits, jangan semua masukan diterima ya..cukup saring aja mana yang menurutmu oke.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Dalam membuat surat lamaran kerja, perlu dipastikan bahwa surat kamu sudah memenuhi standart loh, yuk simak Format Surat Lamaran Kerja dibawah ini :

1. Tempat dan Tanggal Penulisan
2. Perusahaan yang dituju dan Alamat lengkap
3. Salam Hormat

4. Kata pengatar 
“Berdasarkan informasi ...” adalah salah satu contoh kata pengantar.

5. Biodata kamu Secara umum akan memuat hal berikut ini :

a. Nama
b. Tempat, Tanggal Lahir
c. Jenis Kelamin
d. Pendidikan Terakhir
e. No Handphone
f. Alamat

6. Pengalaman kerja atau Skill yang mendukung 
7. Lampiran yang kamu sertakan 

a. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
b. Daftar Riwayat Hidup atau CV
c. Fotocopy Ijazah atau Transkrip Nilai
d. Pas Foto Terbaru (3x4 atau 4x6)
8. Kata Penutup 

9. Jangan lupa Tanda tangan

Kamu juga bisa menambahkan beberapa hal lain sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Jangan terpatok dengan ini ya. Kamu bisa menambahkan atau mengurangi yang tidak perlu.

Lampiran yang secara umum akan kamu berikan adalah :

Ini adalah hal umum yang biasanya di minta oleh perusahaan. Sekali lagi, jangan terpatok dengan apa yang dituliskan diatas ya, karena syarat setiap perusahaan berbeda-beda.

Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat. Simak artikel lainnya dari Teman Tumbuh ya. Selamat Berjuang!

BedAbed Hallo saya adalah seorang manusia biasa.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Surat Lamaran Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel