Tips Mengatasi Kinerja Ponsel Android yang Mulai Lelet

Tips Mengatasi Kinerja Ponsel Android yang Mulai Lelet

Tips Mengatasi Kinerja Ponsel Android yang Mulai Lelet
Source : Envato Elements


Tips Mengatasi Kinerja Ponsel Android yang Mulai Lelet. Kesal karena Android kamu sekarang lemot? Jangan terburu-buru membeli yang baru, siapa tahu cara mengatasi Ponsel lemot ini dapat menolongmu. Bicara mengenai Ponsel Android, kamu pasti sudah tahu zaman sekarang rata-rata telah dibekali dengan spek yang tinggi. Meski begitu, tetap saja ada beberapa kendala di antaranya yang tidam dapat di hindari yaitu kinerja Android yang mulai lelet

Mungkin karena terlalu banyak terinstall aplikasi atau bisa jadi karena kapasitas RAM yang dimiliki terlalu kecil, misalnya dengan kapasitas RAM 3GB saja. Nah, agar kamu semakin nyaman menggunakan Ponsel milikmu, berikut saya rangkum penyebab dan cara mengatasi android yang lelet. Sebelum membahas mengenai cara kinerja HP lelet, sebaiknya kamu harus memahami tentang penyebab utama kinerja HP Android menjadi lelet berikut penjelasannya :

  1. Bisa jadi karena terlalu banyak terinstall aplikasi pada Ponsel Android kamu. Dengan kasus seperti ini, Ponsel kamu akan kehabisan memori untuk menyimpan aplikasi tersebut.
  2. Dengan konsumsi RAM sudah hampir melebihi kapasitas. Sebaiknya jangan membuka aplikasi berat secara bersamaan jika RAM Ponsel kamu kecil.
  3. Banyak aplikasi yang berjalan bersamaan. Biasanya, banyak pengguna smartphone yang lupa mematikan aplikasi yang sedang bekerja ketika tidur. Akibatnya adalah memori RAM menjadi penuh dan kinerja ponsel kita menjadi lelet.

Beragam cara untuk mengatasi Kinerja Android lemot, dan mungkin beberapa caranya saya sebutkan ini juga pernah kamu lakukan namun dengan alasan lain, sebenarnya hal itu memang harus dilakukan secara berkala. Lantas,  apa saja cara agar HP Android tidak lemot dan tetap terjaga performanya? Berikut Cara Mengatasinya :

  1. Perhatikan Jumlah Memori

Semua type smartphone telah dibekali dengan spek memori yang berbeda. Selain RAM, kapasitas memori internal dapat mempengaruhi performa smartphone loh. Ketika kapasitas memori internal tinggal sedikit, maka kinerja android pun menjadi lelet.

Oleh karena itu, cara mengatasi Android lelet sebaiknya kamu hindari menyimpan banyak data/aplikasi hingga memenuhi memori internal. Solusinya, kalau kamu banyak menyimpan banyak data/aplikasi pada smartphone, Pastikan untuk membeli smartphone yang dibekali dukungan kartu memori yang lebih luas.

  1. Gunakan aplikasi serbaguna

Ingin mendownload banyak aplikasi tapi malah membuat memori internal jadi penuh, lebih baik install satu aplikasi namun yang multifungsi. Jika Android kamu sudah di root/jailbreak, salah satu aplikasi multifungsi yang saya rekomendasikan adalah Apps2SD.

Sebab di dalam satu aplikasi kamu bisa mendapatkan banyak fungsi, contohnya partisi SD Card, backup data aplikasi, link aplikasi ke memory card, dll. Namun jika belum di root, kamu bisa mendapatkan banyak fungsi yang sama di aplikasi Clean Master

  1. Gunakan satu Apk Antivirus saja

Mungkin kamu adalah salah satu pengguna yang percaya dengan fungsi antivirus pada smartphone Android, sebaiknya perhatikan hal berikut. Hampir sama seperti aplikasi bawaan sistem, aplikasi antivirus juga terus  berjalan di background.

Akibatnya fungsi RAM kamu menjadi boros, dan performa Android menurun. So, dapat dibayangkan jika kamu menginstall lebih dari satu aplikasi antivirus pada ponsel Android kamu, kan?

  1. Auto Kill

Untuk Kamu yang sering melakukan multi tasking pada perangkat Android, pasti telah terbiasa menemukan banyak aplikasi yang berjalan di Recent Apps. Dampaknya adalah ketika banyak aplikasi yang berjalan di Recent Apps menjadikan RAM semakin sesak, dan konerja Android menurun drastis.

Untuk mengatasinya, coba gunakan fitur Auto Kill. Fitur ini berfungsi agar aplikasi tidak bisa berjalan di latar belakang, hasilnya kinerja Android kamu akan tetap stabil.

  1. Gunakan Aplikasi berbayar

Memakai aplikasi gratis cenderung lebih enak. Sebab tidak perlu mengeluarkan uang, kita bisa mencoba beberapa fitur keren yang ada di aplikasi tersebut. Namun, tahukah kamu dengan menginstall aplikasi gratisan itu sama halnya dengan siap menjadi kelinci percobaan?

Karena dengan menginstall aplikasi gratisan inilah developer akan mendapatkan banyak review untuk mengetahui bugs apa saja yang mengganggu di sistem Aplikasinya. Selain menjadi kelinci percobaan, aplikasi gratisan juga dapat membuat kinerja Android kurang maksimal, karena banyaknya iklan yang disematkan. Tapi itulah beberapa penjelasan Tips Mengatasi Kinerja Ponsel Android yang Mulai Lelet. Semoga bermanfaat.