Smartphone Cepat Panas Ini 5 Cara Mengatasinya!

Smartphone Cepat Panas? Ini 5 Cara Mengatasinya! - Ponsel Android cepat panas menjadi salah satu masalah tersendiri bagi para penggunanya. Pasalnya, ponsel yang panas jika terus digunakan akan bisa menimbulkan masalah baru seperti ponsel terbakar atau cepat rusak. Padahal, Anda masih harus menggunakan smartphone tersebut untuk suatu keperluan.

Mengatasi Smartphone cepat panas

Jika sudah begitu, mau tak mau Anda harus membiarkan dahulu smartphone Anda dalam beberapa waktu hingga suhunya kembali normal. Hal itu demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, sebelum hal itu terjadi, Anda sebaiknya melakukan tips-tips di bawah ini agar ponsel pintar Anda tidak cepat panas:

Hindari Penggunaan Saat Mengisi Baterai

Hal yang paling sering dilakukan oleh para pengguna smartphone yaitu menggunakan ponselnya sementara sedang di-charge. Hal itu dilakukan dengan berbagai alasan, mulai dari adanya keperluan mendesak, hingga hal yang tidak penting. Bahkan, tak jarang ponsel yang sedang di-charge tersebut digunakan untuk bermain game.

Padahal, penggunaan ponsel saat diisi daya bisa membuat baterai cepat soak dan smartphone cepat panas. Hal itu tentu akan membuat performa smartphone Anda menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, hindarilah penggunaan saat Anda mengisi daya smartphone.

Jangan Digunakan Berlebihan

Apakah Anda termasuk orang yang seharian tidak bisa lepas dari gadget? Jika iya, sebaiknya hal tersebut Anda kurangi. Tak hanya bisa membuat hp android Anda cepat panas, tetapi juga radiasi yang ditimbulkan bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

Jika digunakan terlalu keras, RAM, CPU, dan baterai smartphone akan cepat panas. Untuk menghindarinya, gunakan smartphone 2 hingga 3 jam, lalu istirahatkan selama 20 hingga 30 menit sebelum digunakan kembali.

Cek Aplikasi yang Sedang Dijalankan Di Layar Belakang

Jika Anda merasa tidak menggunakannya terlalu lama dan tidak sambil mengisi daya, kemungkinan hp android Anda panas karena adanya aplikasi yang berjalan di layar belakang. Aplikasi yang hanya Anda ‘back’ tetapi tidak ditutup akan terus berjalan walau tidak Anda gunakan. Hal tersebut membuat smartphone cepat panas karena bekerja lebih keras.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menutup aplikasi yang sedang berjalan tersebut dari settingan. Pilih menu ‘Aplikasi’, lalu klik ‘Running’. Setelah itu, Anda tutup aplikasi yang sedang berjalan yang Anda inginkan.

Periksa Kualitas Baterai

Smartphone menjadi panas bisa juga disebabkan oleh kualitas baterai yang sudah tidak layak pakai. Baterai yang lama digunakan dan telah di-charge secara terus menerus tentu akan cepat habis dan cepat panas. Terlebih jika Anda gunakan untuk bermain game atau pun dihubungkan ke jaringan Wi-Fi.

Jika kondisi tersebut terjadi, sebaiknya Anda ganti baterai smartphone Anda dengan yang baru.

Lakukan Cleaning

Agar smartphone Anda tidak cepat panas, mencoba lakukan cleaning dengan aplikasi Clean Master. Tujuannya untuk mengatur suhu, membersihkan virus, dan lainnya yang bisa membuat performa smartphone Anda kembali optimal dan tidak cepat panas.

Anda bisa mengunduh aplikasi tersebut untuk mencegah smartphone cepat panas melalui Playstore. Setelah aplikasi terpasang, pilih menu Phone Bost. Lihat temperature CPU, lalu pilih Check. Maka, aplikasi akan melakukan scanning terhadap semua aplikasi penyebab smartphone menjadi panas. Setelah itu, klik Cool Down.

Jangan Instal Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Banyaknya aplikasi yang terpasang di sebuah smartphone bisa menyebabkan smartphone menjadi panas. Terutama pada aplikasi-aplikasi yang melakukan update secara otomatis. Bahkan, meskipun smartphone tidak Anda gunakan, terdapat beberapa aplikasi yang minta data.

Nah, jika aplikasi semacam itu banyak terpasang di smartphone Anda, maka RAM dan prosesor jadi berat dan menaikkan suhu ponsel.

Hindari Menggunakan Smartphone Di Bawah Terik Matahari

Bagi seseorang yang bekerja di lapangan, tentu penggunaan smartphone di bawah terik matahari tidak bisa dihindari. Padahal, kondisi tersebut tak hanya membuat suhu tubuh manusia meningkat, tetapi juga suhu ponsel, di mana smartphone Anda akan menjadi panas jika terlalu lama digunakan di bawah terik matahari.

Usahakanlah menepi sejenak untuk membalas chat yang sifatnya darurat. Jika tidak terlalu penting, sebaiknya Anda tidak menggunakan smartphone untuk sekadar membalas chat biasa dan lainnya.

Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi smartphone cepat panas. Semoga bermanfaat.

BedAbed Hallo saya adalah seorang manusia biasa.

Belum ada Komentar untuk "Smartphone Cepat Panas Ini 5 Cara Mengatasinya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel