Tips Belajar Online yang Efektif

Tips Belajar Online yang Efektif


Tips Belajar Online yang Efektif
Source : Freepik (Premium Licence)


Belajar online akhir-akhir ini menjadi suatu topik yang banyak dibicarakan karena merupakan suatu efek dari pandemik virus corona. Jadi ketika melakukan kegiatan belajar online, Pendidik dan peserta didik tidak harus bertemu dalam satu ruang untuk kegiatan pembelajaran. Hal ini tentunya dapat membantu mengurangi penyebaran virus corona.

Namun meskipun begitu, banyak yang belum mengetahui cara untuk belajar online yang efektif, sehingga merasa hanya membuang-buang waktu saja. Lalu bagaimana cara-cara efektif untuk belajar online? Mari simak uraian berikut ini.

Memanfaatkan Teleconference Online

Platform teleconference online seperti zoom, google meet, dan semacamnya menjadi hits akhir-akhir ini. Dengan adanya berbagai platform tersebut, pembelajaran bisa dilakukan secara online namun tetap bisa melihat wajah dari pendidik ataupun peserta didik.

Jika Anda seorang pendidik, Anda bisa menggunakan platform di atas saat kegiatan pembelajaran. Jadi bisa terkesan lebih interaktif dan seperti belajar offline. Jika Anda seorang peserta didik, coba sarankan kepada guru atau dosen untuk menggunakannya.

Jadi dengan adanya teleconference online, pembelajaran masih bisa berlangsung secara synchronous dan menarik. Apalagi ditambah dengan bantun kuota belajar dari kemendikbud yang cukup banyak, sehingga tentunya tidak ada keluhan lagi untuk menggunakan platform-platform tersebut.

Perluas Sumber Belajar

Dengan adanya kegiatan pembelajaran secara online, tentunya Anda akan semakin dipermudah dalam mencari sumber belajar. Jadi tidak terpaku lagi pada buku-buku perpuastakaan yang telah usang atau catatan lama dari kakak tingkat.

Tentunya Anda juga akan lebih banyak memiliki waktu berselancar online saat pandemic seperti ini, jadi manfaatkan sumber belajar online secara maksimal. Meliputi artikel-artikel pada website, artikel jurnal, video pembelajaran di youtube, dan lain sebagainya.

Namun Anda juga perlu berhati-hati mengenai informasi palsu atau hoaks. Pastikan sumber belajar yang sudah Anda gunakan sudah terverifikasi kebenarannya. Anda bisa menggunakan beberapa artikel ilmiah dari jurnal yang terpercaya ataupun website resmi yang sudah terpercaya.

Manfaatkan Fitur Rekaman atau Recording Dari Mata Kuliah

Manfaat dari pembelajaran online menggunakan teleconference online seperti zoom dan google meet adalah terdapat fitur recording. Jadi seluruh kegiatan pembelajaran saat itu bisa direkam dan diputar suatu saat.

Bagi Anda para peserta didik, tentunya dapat memanfaatkan fitur tersebut secara maksimal ketika ingin mengulangi materi pembelajaran. Jadi dapat melakukan review materi secara terus menerus dan memaksimalkan ilmu yang diperoleh.

Namun dengan adanya fitur rekaman, jangan justru meremehkan pembelajaran yang sedang berlangsung. Jangan justru dengan hanya mengandalkan rekaman, Anda tidak hadir saat kelas berlangsung. Tentunya itu juga akan merugikan diri sendiri, karena tidak bisa berinteraksi dengan pendidik secara langsung.

Jangan Lupa untuk Menjaga Kesehatan Mata

Resiko yang perlu Anda hadapi ketika melakukan belajar online adalah menatap layar gadget atau laptop secara terus menerus. Tentu ini tidak baik untuk kesehatan mata. Jadi pastikan untuk tetap menerapkan prinsip-prinsip untuk kesehatan mata.

Caranya yaitu menggunakan gadget maksimal 2 jam dengan jarak minimal 40-50 cm. Namun jika Anda butuh berhadapaan di depan layar lebih dari 2 jam, gunakan prinsip 20 : 20 : 20. Dimana setiap 20 menit menatap layar gadget, istirahatkan mata selama 20 detik dengan memandang benda berjarak 20 kaki aau 6 meter.

Selain itu Anda juga disarankan untuk mengurangi tingkat kecerahan dari layar gadget sehingga mata tidak cepat lelah. Anda juga bisa menggunakan kacamata anti radiasi sebagai alternatif untuk membuat mata tidak cepat lelah saat berhadapan dengan layar gadget.