Tips Ampuh Mengatasi Android yang Suka Mati Sendiri

Tips Ampuh Mengatasi Android yang Suka Mati Sendiri
Tips Ampuh Mengatasi Android yang Suka Mati Sendiri
Source : Freepik (Premium Licence)


Tips Ampuh Mengatasi Android yang Suka Mati Sendiri. Kemunculan android sekarang ini memang mempunyai dampak dan juga pengaruh yang memang sangat besar seiring dengan adanya kemajuan teknologi. Dengan berbagai macam fitur yang semakin lengkap, maka sangat tak heran jika andoid ini juga semakin terus berkembang sebagai sebuah sistem operasi yang tetap eksis sampai saat ini.

Jika Anda menengok lebih jauh, maka belum ada sebuah sistem operasi lain yang cukup mampu untuk mempertahankan keeksisanya seperti halnya android yang begitu lama.  Apakah Anda pernah mengalami suatu masalah pada handphone Anda? Seperti halnya tiba-tiba hp android Anda mendadak mati sendiri.

Pada handphone dengan jenis android, hal seperti tersebut sekaring kali akan terjadi di berbagai tipe serta juga merek handphone. Keluhan ini pun terkadang akan membuat Anda merasa kesal karena Anda tidak bisa untuk menyelesaikan pekerjaan Anda atau Anda tidak bisa melakukan berbagai aktivitas sosial media ataupun hanya sekedar melakukan sebuah hobi dan kesenangan.

Jika, hal yang sama terjadi pada handphone android Anda, maka agaknya Anda memang harus cari tahu terlebih dahulu akan penyebabnya. Setelah itu, solusi untuk bisa mengatasi android yang suka mati sendiri barulah bisa Anda temui. Jika Anda masih bingung, maka berikut ini adalah ulasannya.

Beberapa penyebab dari sebuah handphone android yang suka mati sendiri bisa terjadi ketika suatu status baterai error ataupun rusak. Bisa juga terjadi sistem crash seperti lag, dan handphone yang terlalu panas. Bisa juga karena efek samping dari root ataupu mungkin telah ada salah satu dari komponen handphone yang telah rusak.

Lakukan Perbaikan Pada Baterai

Baterai handphone android yang error ataupun mulai terdapat gejala kerusakan.  Maka hal pertama untuk bisa mengatasi android yang suka mati sendiri karena baterai yaitu Anda harus bisa memperbaiki statusnya. Caranya dengan cara Anda mendownload aplikasi kalibrasi baterai.

Setelah itu, charger baterai android sampai 100%. Pada saat sudah 100%, maka lakukan kalibrasi, setelah selesai lalu cabut kabel charger android Anda tersebut. Keuntungan dengan melakukan kalibrasi ini yaitu status baterai yang ada di sebuah sistem menjadi sesuai kembali dan data yang akan ditampilkan menjadi lebih sangat akurat.

Sistem HP Crash

Untuk bisa mengatasi masalah sistem android yang telah crash, terutama untuk sebuah ROM yang telah terinstal di sebuah handphone android Anda. Hal yang memang harus Anda lakukan yaitu melakukan update terhadap sistem handphone.

Tentunya dengan cara menambahkan beberapa fitur baru yang telah disediakan secara berkala oleh suatu vendor android tersebut. Gunanya supaya android Anda tetap terlihat stabil. Cara mudah pertama untuk bisa mengatasi android yang suka mati sendiri ada dengan mengecek sebuah “stelan” kemudian klik “tentang” selanjutnya “update”.

Cara kedua yaitu dengan melakukan roolback sistem yang mana artinya Anda mengembalikan sistem ke versi awal. Cara ketiga yaitu dengan cara mengembalikan pengaturan handphone android Anda tersebut pada pengaturan pabrik. Untuk masalah yang satu ini, maka pastikan data penting yang ada di handphone Anda telah terbackup terlebih dahulu dengan rapi.

Khusus untuk android yang telah mati karena Root, maka solusi yang paling sangat efektif yaitu dengan cara menghilangkan akses root yang terdapat ada dalam android Anda. Caranya dengan cara Anda menggunakan aplikasi tambahan seperti halnya “tweak” untuk bisa menstabilkan sistem android Anda.

Handphone Android Terlalu Panas

Mengatasi android yang suka mati sendiri karena terlalu cepat panas yaitu menelisik terlebih dahulu akan penggunaan aplikasi. Apakah ada banyak aplikasi yang telah dipakai secara bersamaan. Jika ya, maka cobalah Anda untuk sesering mungkin untuk mengontrol penggunaan aplikasi, jangan biarkan banyak dari aplikasi terbuka dan juga dipakai bersamaan.

Perbaiki Kerusakan Pada Komponen

Jika semua penyebab dan masalah android Anda tersebut telah diselidiki serta juga diberikan solusi, tapi android Anda tetap masih suka mati sendiri. Maka ada kemungkinan terbesar yaitu ada salah satu dari komponen android Anda yang telah rusak.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya faktor internal seperti halnya kerusakan pada IC ataupun kerusakan lainnya yang telah di bahas di bagian atas serta juga faktor eksternal, misalnya terkena air. Untuk itu, maka cobalah datang langsung ke tukang service handphone android untuk bisa melakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Inilah beberapa tips untuk mengatasi android yang suka mati sendiri. Semoga ulasan tersebut bisa membantu Anda mendeteksi dini kerusakan dan juga penyebab android Anda sering mati secara tiba-tiba.