6 Ekstensi Domain TLD yang Paling Banyak digunakan di Internet

Ekstensi Domain TLD yang Paling Banyak digunakan di Internet

Ekstensi Domain TLD yang Paling Banyak digunakan di Internet
Source : Freepik (Premium Licence)


Bagi kamu yang sering beraktivitas di dunia internet pasti sering melihat ekstensi domain yang digunakan oleh setiap website yang dikunjungi. Atau jika anda seorang blogger atau pemilik website anda tentunya membeli sebuah nama domain untuk digunakan menjadi identitas unik website anda di internet.

Apa Itu Ekstensi Domain?

Ekstensi Top Level Domain (TLD) atau ranah internet tingkat teratas adalah nama unik yang bertujuan untuk mempermudah dalam mengingat suatu website yang tadinya berupa deretan angka alamat IP yang ribet untuk dibaca. TLD ini berakhiran ekstensi yang berbeda-beda, ada yang disebut generic TLD atau ekstensi domain tingkat internasional dan ada juga country code TLD atau ccTLD yang menggunakan kode nama negara sebagai ekstensi domain. Contoh generic TLD adalah .com sedangkan ccTLD contohnya antara lain .id untuk Indonesia, .us untuk Amerika Serikat, .jp untuk Jepang, dll.

Nah, yang akan dibahas kali ini adalah generic TLD apa saja yang paling banyak digunakan di internet. Lalu, apakah ekstensi domain yang kamu gunakan termasuk dalam daftar ini?

6 Ekstensi Domain TLD Yang Paling Banyak digunakan di Internet

.COM

Ya, domain .com adalah TLD yang paling banyak digunakan di internet dan bahkan orang awam pun mengira jika sebuah website umumnya berakhiran .com sebagai ekstensi domainnya. Domain .com memang sangat cocok digunakan untuk siapa saja dan untuk membuat website apa saja. Domain .com ini merupakan ekstensi domain tertua dan kini dikelola oleh Verisign selaku registri. Harga domain .com dapat dikatakan memang cukup terjangkau sehingga dijadikan sebagai favorit para pelaku internet. Domain .com juga disarankan sebagai pilihan pertama esktensi domain bagi sebuah website.

.NET

Di peringkat kedua sebagai Ekstensi Domain TLD Yang Paling Banyak digunakan di Internet adalah .net yang juga dikelola oleh registri Verisign. Domain .net adalah domain internet ranah tingkat teratas yang biasanya menjadi pilihan kedua jika nama domain .com sudah ada yang mengambil. Misalnya jika saya ingin membeli nama domain blogkampung.com dan ternyata nama domain tersebut sudah tidak tersedia maka blogkampung.net bisa menjadi pilihan alternatif. Domain .net sebenarnya diperuntukan untuk situs yang bergerak di bidang komunikasi dan jaringan, sesuai dengan namanya. Karena .net merupakan singkatan dari .network. Tapi tidak ada larangan bagi siapapun untuk menggunakan .net untuk tujuan lainnya. 

.ORG

Di nomor ada .org yang masih termasuk dalam salah satu ekstensi domain tertua dan dikelola oleh Verisign. Domain .org adalah singkatan dari organization yang artinya ekstensi domain ini diperuntukan untuk organisasi atau kelompok nirlaba yang tidak bersifat komersial. Bisa dilihat dari beberapa situs yang menggunakan ekstensi domain ini adalah Wikipedia.org, Wordpress.org, dan OpenOffice.org, ketiga situs tersebut bukanlah situs komersial karena menyediakan layanan gratis. Sebenarnya tak ada larangan menggunakan .org untuk tujuan komersial seperti blog yang menayangkan iklan. Hanya saja memang kurang elok dari segi etika. Domain .org juga digunakan oleh sebagian organisasi dunia semisal PBB yang situsnya adalah un.org.

.INFO

Domain .info diperkenalkan sebagai gTLD pertama kalinya pada 2001 dan dikelola oleh Afilias sebagai registrinya. Ekstensi domain ini dibuat untuk menjadi alternatif .com yang sudah sangat populer. Tidak ada syarat khusus untuk membeli dan memakai ekstensi domain .info. Namun memang baiknya digunakan untuk website yang memberikan banyak informasi.

.TOP

Ekstensi domain yang satu ini termasuk baru dan diluncurkan pada 2014 bersama dengan banyak gTLD lainnya. Domain .top tersedia untuk umum dan dikelola oleh .top Registry. Penggunannya bisa digunakan untuk website apapun. Penamaan .top hanya untuk mempercantik penyebutan saja.

.XYZ

Inilah ekstensi domain yang terkenal di kalangan blogger karena harga awalnya yang murah walaupun perpanjanganya justru lebih mahal dari .com. Domain ini diperuntukan untuk siapa saja dan untuk website apapun. Menariknya domain .xyz ini digunakan oleh situs Alphabet. Induk perusahaan Google.

Itulah ke 6 Ekstensi Domain TLD yang paling banyak digunakan di internet. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.