5 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Office Terbaik

5 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Office Terbaik

5 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Office Terbaik

Dalam dunia teknologi tentunya kita mengenal Microsoft sebagai salah satu raksasa teknologi yang menguasai pasar sistem operasi perangkat komputer di seluruh dunia. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini menjadi salah satu perusahaan yang paling berpengaruh di dunia bersama dengan Google dan Apple.

Seperti yang diketahui jika Microsoft jualan utamanya selain sistem operasi Windows adalah program aplikasi Microsoft Office yang sangat terkenal sekaligus banyak digunakan orang di seluruh dunia sebagai aplikasi perkantoran dan juga digunakan oleh siswa sekolah, mahasiswa, guru, dosen, dan bahkan kalangan umum. Saking berpengaruhnya, Microsoft Office diajarkan di sekolah-sekolah sebagai dasar pendidikan komputer.

Microsoft Office sendiri diluncurkan pertama kali pada 1983 dan kini tetap menjadi aplikasi perkantoran nomor satu. Akan tetapi, bagi sebagian orang harga Microsoft Office dinilai terlalu mahal. Akibatnya banyak Microsoft Office bajakan bermunculan. Padahal, selain Microsoft Office masih banyak pilihan lainnya yang tak kalah bagus dan powerfull. Berikut ini adalah beberapa 5 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Office Terbaik yang gratis dan dapat digunakan di PC kamu.

5 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Office Gratis untuk PC

Google Docs

Walaupun cukup populer, banyak orang yang belum mengetahui jika Google Docs adalah aplikasi yang sangat bisa diandalkan sebagai program aplikasi perkantoran. Google Docs bisa diakses secara online melalui browser dan fiturnya pun tak kalah dari Microsoft Office. Google Docs menyediakan aplikasi pengolah kata seperti Word, lalu ada Google Sheet yang mirip Excel, dan Google Slide yang fungsinya sama seperti Power Point. Setiap dokumen yang dibuat akan langsung disimpan secara otomatis di akun Google Drive kamu.

WPS Office

Aplikasi alternatif pengganti Microsoft Office selanjutnya adalah WPS Office yang dapat diinstal secara gratis di Windows PC maupun di device Android dan iOS. Namun WPS Office yang dulunya bernama Kingsoft office ini juga menyediakan versi berbayar untuk keperluan komersial. Nama WPS sendiri singkatan dari Write, Presentation, dan Spreadsheet yang merupakan tiga program perkantoran yang wajib ada di setiap perusahaan. WPS mudah dan cukup nyaman untuk digunakan saat mengerjakan pekerjaan kantoran.

OpenOffice

OpenOffice atau dengan nama lengkap Apache OpenOffice adalah paket aplikasi perkantoran yang diluncurkan pertama kali pada 1988 dan dapat diinstal secara gratis dan legal serta bersifat open source. Yang artinya bisa digunakan oleh siapa saja tanpa harus membayar lisensi. OpenOffice tersedia untuk Windows, Mac OS, dan Linux namun tidak tersedia untuk Android dan iOS. Fiturnya pun termasuk mewah untuk ukuran gratisan karena terdapat aplikasi pengolah kata, spreadsheet, presentasi, bahkan hingga pembuat vektor.

LibreOffice

Aplikasi perkantoran gratis ini pertama kali diluncurkan pada 2010 sebagai turunan dari OpenOffice serta dikelola oleh The Document Foundation. Pengembangannya dilakukan secara bersama-sama karena bersifat open source. Semua fitur yang ada di OpenOffice juga terdapat di LibreOffice. Aplikasi ini tersedia untuk Windows dan dapat digunakan serta disebarkan secara gratis tanpa perlu membayar uang lisensi sepeserpun.

Calligra

Aplikasi alternatif pengganti Microsoft Office yang terakhir dalam daftar ini adalah Calligra yang tak hanya menyediakan paket aplikasi perkantoran, melainkan juga aplikasi pembuat vector dan gambar digital. Fiturnya pun terbilang lumayan untuk ukuran aplikasi gratisan. Calligra dapat diinstal di sistem operasi Windows dan tak ada versi berbayarnya.

Itulah dia kelima aplikasi alternatif pengganti Microsoft Office terbaik dan gratis. Manakah yang akan kamu pilih? Meskipun gratis tapi fiturnya tak kalah dari yang berbayar.