Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Ngeblog Menggunakan WordPress

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Ngeblog Menggunakan WordPress

Alasan Kenapa Kamu Harus Ngeblog Menggunakan WordPress


Bagi sebagian orang, ngeblog merupakan hal yang sangat menyenangkan. Karena dengan ngeblog kita bisa menyalurkan ekspresi kita, menuangkan ide-ide lewat tulisan, dan menambah jaringan pertemanan serta memberikan informasi yang berguna bagi para pengunjung. Walaupun saat ini konten video di Youtube sangat banyak diminati, tapi sebenarnya konten blog juga tidak akan mati. Karena selama orang-orang masih membutuhkan informasi di internet dengan basis teks, maka blog akan tetap ramai.

Untuk bisa ngeblog, tentunya dibutuhkan sebuah platform yang bisa digunakan. Mulai dari CMS hingga platform media online yang bisa membayar para penulisnya. Namun yang paling populer adalah Wordpress (self hosted) dan Blogger atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Blogspot.

Nah, yang akan dibahas secara singkat kali ini adalah kenapa sebaiknya kamu harus ngeblog menggunakan WordPress. Karena CMS yang satu ini adalah yang paling terkenal di antara semuanya.

Sekilas Tentang WordPress

WordPress adalah salah satu Content Management System (CMS) yang digunakan untuk membangun website, blog, hingga toko online. WordPress yang bersifat open source ini didirikan oleh perusahaan Automattic yang didirikan pada 2003 oleh Matt Mullenweg dan kini menjadi CMS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Ini dikarenakan WordPress bisa digunakan sebagai website jenis apapun bahkan untuk website universitas, sekolah, forum online, dan profil perusahaan. Jadi bukan hanya untuk blog.

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Ngeblog Menggunakan WordPress

Ada beberapa alasan kenapa kamu harus ngeblog menggunakan WordPress, berikut ini adalah beberapa garis besarnya:

Lebih Profesional

Alasan kenapa harus ngeblog menggunakan WordPress adalah agar terlihat lebih profesional. Karena dengan menggunakan WordPress self hosted kamu akan lebih serius untuk menjalankan sebuah blog. Karena WordPress mengharuskan kita untuk menyewa hosting untuk menyimpan file serta membeli domain TLD seperti .com atau .id. Ekstensi domain tentunya mempengaruhi citra profesional kita sebagai blogger daripada harus menggunakan subdomain yang kesannya tidak serius.

CMS Terpopuler

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika WordPress adalah CMS terpopuler di seluruh dunia. Bahkan sekitar 30% website di internet menggunakan WordPress. Brand terkenal sekalipun menggunakan WordPress sebagai platformnya. Portal berita seperti New York Times saja menggunakan WordPress dan masih banyak lagi situs terkenal yang menggunakan WordPress termasuk situs blog Playstation dan beberapa online magazine terkenal lainnya.

Mudah digunakan

WordPress sangat mudah untuk digunakan oleh siapa saja bagi semua orang tanpa perlu tahu ilmu coding yang rumit. Hanya tinggal instal dan atur konfigurasi sesuka hati dengan berbagai fitur yang disediakan. Jika kamu terbiasa menggunakan Blogger, maka kamu sebenarnya tidak akan kesulitan menggunakan WordPress untuk ngeblog. Inilah salah satu kelebihan WordPress yang paling disukai oleh banyak orang.

Tersedia Banyak Plugin

Jika di Blogger kalau mau apa-apa harus menambahkan kode html dan fitur yang terbatas seperti tidak adanya fitur untuk menunjang SEO, maka tidak demikian dengan WordPress. Di WordPress tersedia ribuan plugin gratis maupun berbayar untuk menunjang segala keperluan blog mulai dari plugin untuk keamanan, kecepatan, hingga untuk SEO semuanya tersedia.

Theme yang Lebih Elegan

Blogger sebenarnya juga menyediakan template pihak ketiga, namun fitur dan tampilannya terbatas. Bahkan banyak blog di Blogspot yang memiliki tampilan serupa. Meski tampilan desain blog adalah nomor sekian, tapi tetap saja itu penting agar pengunjung betah berlama-lama di blog kita. Nah, di Wordpress tersedia banyak theme baik yang gratis maupun premium dengan tampilan yang elegan dan bahkan menyediakan banyak fitur. Contohnya theme Divi yang sering digunakan oleh para profesional.

Hallo saya adalah seorang manusia biasa.

Posting Komentar

© TemanTumbuh. All rights reserved. Developed by Jago Desain